Rabu, 12 September 2012

Danau Kembar, Destinasi Menarik di Solok

JIKA Anda berencana akan mengunjungi Sumatra Barat, melipir sedikit ke arah Kota Solok. Bukan tanpa sebab, di sana Anda akan melihat satu lagi pesona yang dihadirkan di sebelah barat Pulau Sumatra.

Adalah Danau Kembar. Danau ini terdiri dari Danau di Ateh (Danau di Atas) dan Danau di Bawah. Meski lebih dikenal sebagai Danau Kembar, kedua danau ini sungguh berbeda. Bukan hanya berlainan dalam ukuran luas, namun juga bentuk, dan ketinggiannya.

Lokasi Danau Kembar sendiri berada di Kabupaten Solok, tepatnya di daerah Bungo Tanjung, Alahan Panjang. Kabupaten Solok merupakan wilayah hijau nan subur yang berada pada ketinggian 400-1.700 mdpl dan memiliki suhu udara yang cukup dingin bahkan saat siang hari sekalipun.

Uniknya danau yang letaknya lebih tinggi itu disebut Danau di Bawah. Keduanya berada saling berdampingan di jajaran Bukit Barisan dengan jarak sekira 300 meter sehingga disebutlah Danau Kembar.

Meski belum terkenal seperti Danau Singkarak, Danau Kembar tidak kalah indah jika disandingkan oleh beberapa danau di Sumatra.

Pasalnya, lokasi yang tepat di kawasan pertanian dan perkebunan seperti markisa, kubis, kentang, dan aneka sayuran lainnya, membuat mata serasa dimanjakan akan panorama yang asri.

Setelah warna hijau yang mendominasi di kiri dan kanan menuju danau, Anda akan disuguhi tontonan menarik dari para penduduk sekitar yang tengah menjala ikan dengan perahu mungilnya.

Tidak cukup sampai di situ, matahari yang muncul atau seketika tertutup awan akan menjadi paduan yang menyegarkan saat kabut datang sesekali mengaburkan pandangan.  Untuk menuju lokasi Danau kembar, Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari kota Padang dengan menggunakan mobil atau motor. Bagimana, tertarik?

0 komentar:

Posting Komentar