Jumat, 05 Oktober 2012

Penting Mengajak Anak-anak Berwisata di Alam Bebas

BANYAK pilihan wisata bagi anak-anak. Tapi alangkah baiknya bila membawa anak-anak berwisata di luar ruangan atau alam bebas. Sehingga mereka bebas bergerak sesuai dengan tahapan perkembangan anak-anak.

Demikian yang disarankan National Trust. Organisasi itu khawatir generasi muda cenderung memilih aktivitas dalam ruangan setiap hari, seperti bermain komputer dan menonton. Itu lantaran banyak orang tua cemas bila membawa anak-anak mereka bermain keluar rumah.

Padahal alam bebas dan pedesaan berpengaruh positif bagi anak-anak. Namun, wawancara dengan kelompok anak-anak seolah membawa pesan bahwa orang tua melarang mereka bermain di luar rumah. Menurut orang tua, bermain saat hujan turun berbahaya bagi kesehatan. Kegiatan memanjat pohon terlalu berisiko. .

Penyelidikan National Trust juga menemukan bahwa anak-anak 'jadwalnya tergolong padat dengan kegiatan cenderung bisa tertekan'. ''Kekuatan kehidupan keluarga dalam membentuk pengalaman anak-anak mungkin merupakan pesan terpenting dalam survei ini,'' kata peneliti dari organisasi itu.

Stephen Moss, naturalis yang menulis laporan itu memperingatkan bahwa anak-anak yang menderita 'gangguan alam defisit' akan tumbuh menjadi 'generasi lemah'. (MI/RRN)
(metro******)

0 komentar:

Posting Komentar