Minggu, 11 November 2012

Hati-hati, Ternyata Ingatan Berkurang Mulai Usia 30-an


Jakarta: Rata-rata manusia mulai kehilangan ingatannya pada usia 57 tahun. Namun, berdasarkan studi terbaru proses itu justru dimulai ketika manusia memasuki usia 30 tahun.

Kesimpulan itu diperoleh para peneliti setelah mengumpulkan poin dengan cara online melalui laman informasi Inggris. Sepuluh persen responden mengatakan, mereka menyadari mulai kehilangan ingatan pada usia 40 tahun. Enam persen mengatakan proses itu terjadi pasa usia 30 tahun. Ini fakta baru yang mereka temukan dalam penelitian.

Survei juga menunjukkan, orang berusia lebih 50 tahun mengalami pengurangan ingatan, sebagiannya harus menghadapi kehilangan memori. Responden menjelaskan kejadian yang diakibatkan hilangnya sebagian ingatan mereka. Misal mereka lupa menaruh kunci ketika tiba di rumah, lupa menuliskan kalimat sederhana, lupa mengenalkan diri ketika berpresentasi, bahkan lupa nama sendiri.

Sebanyak 37 persen responden mengaku sering lupa nama orang lain dan 19 persen mengaku selalu meninggalkan kaca mata dan kunci entah di mana. Parahnya, beberapa responden meninggalkan orang terkasih di pusat perbelanjaan, karena lupa bahwa mereka pergi bersama.

Menurut ilmuwan, masalah kehilangan memori ini bisa diperbaiki. Mereka menyarankan untuk sering-sering membaca buku, menyelesaikan puzzle, menyelesaikan permainan sudoku, dan turut aktif membantu anak atau cucu mengerjakan pekerjaan rumah.

Berdasarkan studi, 92 persen orang berusia 50 tahun mencoba menjaga ingatan dan mengaktifkan memorinya. Ini membuat mereka memiliki ingatan yang baik di masa depan. Hal terpenting dari itu semua adalah aktivitas fisik. Ini sangat membantu seseorang menjaga ingatan.


0 komentar:

Posting Komentar