Senin, 12 November 2012

Orang Rutin Berolahraga, Usianya Lebih Panjang

Orang-orang yang rutin berolahraga seperti jalan kaki, bersepeda, dan berenang dapat hidup lebih lama meskipun mereka memiliki kelebihan bobot badan. Pernyataan itu didasarkan pada penelitian Lembaga Kanker Nasional (NCI) Amerika Serikat yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS Medicine.

Penelitian dilakukan terhadap lebih dari 650 ribu orang dewasa di Amerika Serikat. Mereka meneliti enam populasi yang berusia antara 40 hingga 90 tahun. Penelitian itu juga mengidentifikasi berbagai faktor risiko kanker.

Penulis utama penelitian dari divisi epidemiologi dan genetika kanker di NCI, Steven Moore, mengatakan ada beberapa cara agar olahraga rutin dapat memperpanjang hidup seseorang. “Olahraga rutin mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kandungan kolesterol dalam darah yang tinggi, serta menaikkan fungsi paru-paru,” jelas Steven Moore.

Menurutnya, olahraga rutin memiliki dampak luas untuk ukuran dan indeks kesehatan yang berbeda-beda. Berdasarkan data tersebut, angka harapan hidup seseorang terlihat jelas.

Pemerintah AS kemudian merekomendasikan warga berusia 18 hingga 64 tahun untuk berolahraga selama 2,5 jam per pekan atau satu seperempat jam dengan intensitas tinggi dalam satu pekan. Warga bisa berjalan kaki, lari, atau bersepeda.

Moore mengatakan bahwa berjalan kaki 10 menit per hari dapat meningkatkan harapan hidup selama dua tahun. Namun Moore mengatakan bahwa tidak ada kenaikan signifikan dalam angka harapan hidup bagi mereka yang melakukan lebih dari 45 menit olahraga setiap hari.

“Untuk mendapatkan manfaat yang penuh, Anda harus melakukan jalan kaki sekitar 45 menit atau lebih setiap hari,” ujarnya.SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar