Minggu, 11 November 2012

Tahun Depan Smartphone dan Tablet Capai 1,2 Miliar


 Jakarta: Popularitas telepon pintar (smartphone) dan tablet PC kian menjulang. Bahkan, tahun depan diperkirakan akan ada 1,2 miliar perangkat tablet dan smartphone terjual. Siapa penggunanya?

Peminat utama dua perangkat itu adalah kaum pebisnis. Menurut perusahaan riset teknologi Gartner, pekerja dan pebisnis merupakan kalangan yang paling banyak membeli smartphone dan tablet PC.

“Budaya konsumerisme yang melanda dunia teknologi informasi tidak dapat dihentikan lagi,” komentar perusahaan tersebut. Penjualan smartphone dan tablet PC menguasai 70 persen dari keseluruhan perangkat yang terjual pada 2012. Diperkirakan hingga akhir tahun ini total penjualan  kedua perangkat itu mencapai 821 juta unit.

Smartphone dan tablet tidak akan menggantikan PC secara keseluruhan. "Namun popularitas dan efektifitas, terutama mobilitas, kedua perangkat tersebut telah mengubah cara orang menjalankan bisnis dan pekerjaannya,” kata Carolina Milanesi, analis Gartner.

Diperkirakan, pengguna sistem operasi Android akan terus meningkat. Kemudian diikuti iOS, dan Windows 8 serta RIM dari BlackBerry. Diperkirakan, pada 2016 bisa jadi Windows 8 milik MIcrosoft akan berada di posisi ketiga setelah iOS dan Android.

Gartner juga memperkirakan bahwa 66 persen pekerja mobile akan memiliki smartphone-nya sendiri pada 2016. Lebih dari setengah smartphone tersebut akan berbasis Android.

Perangkat berbasis Android dan iOS menjadi perangkat utama yang dipakai untuk keperluan bisnis, bahkan mengalahkan BlackBerry. Penjualan tablet pada 2012 ini akan mencapai 13 juta unit, dan akan menjadi tiga kali lipat pada tahun 2016.
SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar