Kamis, 09 Agustus 2012

India Teliti Mars Tahun Depan


NEGARA besar memiliki perhatian lebih terhadap penelitian angkasa luar. Lihat saja Amerika Serikat, Rusia, Jepang, dan China telah memiliki misi tersebut seperti ke planet Mars.

India tidak mau kalah. Negeri Bollywood ini telah menyetujui misi perdana ke Mars yang akan dijalankan pada tahun depan. Demikian surat kabar The Hindu melaporkan pada Sabtu (4/8).

Kabinet India menjelaskan pada Jumat (3/8) bahwa misi India Space Research Organisation (Isro) milik negara akan menuju Mars pada 2013.

Proyek itu akan menempatkan pesawat antariksa di orbit Planet Merah untuk mempelajari atmosfer dengan bantuan Polar Satellite Launch Vehicle, sistem peluncuran milik Isro.

Peluncuran dijadwalkan tepatnya pada November tahun depan dari tempat peluncuran Sriharikota yang terletak di negara bagian selatan India, Andhra Pradesh.

Pesawat ruang angkasa akan memiliki muatan pendukukung ilmiah seberat 25 kg dan diusulkan untuk ditempatkan di orbit.

November dipilih karena planet itu akan memiliki jarak paling dekat dengan Bumi. Misi Mars akan menjadi ujian bagi kemampuan Isro setelah misi ke bulan lewat pesawat Chandrayaan 1. (metro)

0 komentar:

Posting Komentar