Kamis, 09 Agustus 2012

Yuk, Bikin Puding Berbahan Nasi


PERNAHKAH Anda membayangkan puding berbahan nasi sebagai makanan penutup? Hum, sepertinya tak ada ruginya mencoba ya.

Puding nasi merupakan makanan penutup yang mudah dibuat. Anda dapat menggunakan beras khas Italia yakni beras Arbio yang rendah lemak dan relatif tinggi protein. Bulir beras Arborio lebih besar dan bulat ketimbang beras lokal.

Selain nikmat dan tidak terlalu manis, beras Arbio juga cepat matang. Jika sulit mendapatkannya, Anda dapat menggantikannya dengan beras bulir pendek lainnya.

Bahan-bahan:
2 cangkir nasi Arborio
3 1/2 cangkir susu cair rendah lemak
1/3 cangkir gula
1/4 cangkir susu bubuk rendah lemak
1/4 sendok teh garam
2 butir telur (besar), dikocok
1/4 cangkir kismis keemasan
1 sendok teh vanili
1 sendok teh bubuk kayu manis

Cara membuat:
1. Campurkan nasi, susu cair rendah lemak, gula, susu bubuk rendah lemak, dan garam dalam panci besar di atas api sedang. Rebus selama 30 menit atau mendidih, aduk sesekali.

2. Letakkan telur dalam mangkuk sedang. Secara bertahap, tambahkan setengah dari adonan nasi ke telur tadi, aduk terus dengan kocokan. Masukkan kembali campuran telur tadi ke panci, masak selama dua menit, aduk terus.

3. Matikan api, masukkan kismis dan vanili. Setelah diaduk rata, masukkan puding ke dalam delapan gelas atau mangkuk kecil. Taburkan sedikit bubuk kayu manis ke dalam masing-masing porsi. Sajikan

Sebagai catatan, gandum atau beras bulir pendek, tepung beras putih, dan beras Arborio, memiliki tekstur halus dan lebih kental. Cocok untuk makanan penutup.(metro)

0 komentar:

Posting Komentar