Kamis, 09 Agustus 2012

Jasa Penukaran Uang Makin Marak di Yogyakarta


Yogyakarta: Dua minggu menjelang lebaran, jasa penukaran uang semakin menjamur di Yogyakarta. Sebagian penjaja jasa itu mangkal di sepanjang Jalan Senopati, persis di depan gedung Bank Indonesia (BI) cabang Yogyakarta.

BI Yogyakarta telah memperbanyak loket penukaran uang baru dan menambah waktu penukaran, menjadi empat hari dalam seminggu mulai Senin hingga Kamis. Selain itu, BI cabang Yogyakarta juga bekerja sama dengan 19 bank untuk penukaran uang baru. Namun, para penjaja jasa itu mengaku masih bisa mendapatkan pelanggan.

Setiap Jumat hingga Ahad, saat loket penukaran BI tidak buka, menjadi hari panen bagi para penjaja jasa penukaran uang. Mereka mengaku bisa memperoleh keuntungan lumayan.

Rata-rata yang memanfaatkan jasa penukaran uang itu adalah warga yang tidak memiliki waktu mengantri di loket penukaran BI. Para penjaja jasa penukaran itu mendapatkan bantuan modal dari pemodal, dengan sistem pembagian keuntungan. Setiap kali transaksi, para penjaja jasa penukaran uang mengutip jasa sebesar sepuluh persen dari jumlah penukaran.

Meski beresiko tinggi, para penjaja jasa penukaran uang memiliki trik untuk menghindari penipuan uang palsu. Diantaranya dengan tidak melayani penukaran dalam jumlah besar dan memeriksa dengan cermat setiap uang yang ditukarkan.

Diperkirakan, penukaran uang akan semakin ramai satu minggu menjelang lebaran.(metro)

0 komentar:

Posting Komentar