Kamis, 09 Agustus 2012

Mobil Formula Garapan Mahasiswa UGM Lolos ke FSAE Jepang


Yogyakarta: Tim Formula Bimasakti dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta lolos ke The 10th Student Formula SAE Competition di Jepang, 3-7 September 2012.

"Kami telah lolos skrining dokumen, sehingga berhak maju ke kompetisi itu," kata Ketua Tim Formula Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) Akmal Irfan Majid di Yogyakarta, Senin (6/8).

Menurutnya, kompetisi tersebut menguji kemampuan rancang bangun, adu kecepatan, ketahanan, serta kemampuan mempresentasikan produk kepada pengguna mengenai kendaraan jenis formula produksi mahasiswa.

"Kami akan berusaha maksimal dalam setiap kategori lomba, meskipun baru pertama kali mengikuti kompetisi tersebut. Beberapa masalah teknis yang ada sudah diatasi, dan kami siap berkompetisi di tingkat internasional," kata Akmal.

Ia mengatakan, ada beberapa yang dinilai dalam kompetisi formula tingkat internasional tersebut, yakni static event dan dynamic event.

Static event meliputi technical inspection yang ketat, seperti kesesuaian regulasi, uji pengereman, uji batas suara, uji kemiringan, kebocoran cairan dan berat kendaraan. Semua itu meruapakan syarat keamanan untuk masuk ke tahap dynamic event.

Untuk tahap dynamic event, akan mempertandingkan uji kecepatan mobil, uji kemampuan conering dalam lintasan angka delapan, uji kemampuan dalam melewati satu putaran lurus dan slalom, uji ketahanan dalam 22 putaran, dan konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

"Kompetisi itu diikuti oleh 76 tim dari berbagai negara dan akan diselenggarakan di Ogasayama Sport Park, Shizuka World Cup Stadium, Aino City Jepang," kata Akmal.(metro)

0 komentar:

Posting Komentar