Kamis, 09 Agustus 2012

Wisatawan asal Thailand Paling Dermawan


PARA pelayan di industri pariwisata lebih baik mendekati wisatawan Thailand. Pasalnya, wisatawan asal Negeri Gajah Putih itu merupakan paling dermawan karena akan mendapat tip yang besar.

Menurut survei terbaru dari MasterCard Worldwide, Thailand mendapat suara terbesar 89 persen sebagai gudangnya para wisatawan dermawan. Sedangkan, survei yang meminta pendapat sekitar 7.000 orang tahun ini menempatkan wisatawan Jepang posisi paling buncit dengan tiga persen suara.

Editor CNNGo Jepang Mark Hiratsuka menjelaskan mengapa orang Jepang sangat pelit memberikan tip. "Tip bukan bagian dari lanskap ritel di sini," katanya. "Anda hanya membayar untuk layanan. Setelah itu, mereka akan menutup dompetnya."

Menurutnya, itu merupakan kebiasaan di Jepang. Maka itu, jangan heran bila tengah berada di bar Jepang dan Anda lalu memberikan tip, pelayannya pasti akan mengembalikan uang tersebut karena mungkin ia berpikir Anda membayar terlalu banyak."

Setelah Thailand, pemberi tip terbesar adalah wisatawan Filipina dan Hong Kong, dengan 75 persen dan 71 persen. Kemudian, Korea Selatan (13 persen) dan Taiwan (17 persen). Georgette Tan dari MasterCard menjelaskan, "Ini adalah hasil dari campuran berbagai budaya. Maka itu, memahaminya merupakan tantangan besar bagi bisnis global."

Tan mengatakan wisatawan cenderung memberikan tip lebih besar kepada pelayan perempuan. Berikut pemebri tip paling konsisten di Asia:

1. Thailand (89 persen)
2. Filipina (75 persen)
3. Hong Kong (71 persen)
4. India (61 persen)
5. Australia (55 persen)
6. Malaysia (40 persen)
7. Indonesia (40 persen)
8. Singapura (33 persen)
9. Vietnam (30 persen)
10. China (28 persen)
11. Selandia Baru (20 persen)
12. Taiwan (17 persen)
13. Korea Selatan (13 persen)
14. Jepang (3 persen)
(metro)

0 komentar:

Posting Komentar