Senin, 23 Juli 2012

Cara Alami Halau Sembelit saat Puasa


SEMBELIT atau konstipasi sering dirasakan oleh mereka yang berpuasa. Gejala ini akan lebih meningkat di awal Ramadhan.

Bukan tanpa sebab, jeda waktu antara makan sahur dan berbuka memicu organ dalam saluran pencernaan memiliki waktu istirahat yang sangat lama. Kondisi tersebut akan menyebabkan daerah usus tidak berkontraksi, sehingga menimbulkan sembelit atau gejala susah buang air besar.

Seperti yang disebutkan dalam Arabiaenglish.babycenter, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengusir sembelit saat berpuasa. Berikut di antaranya :

1. Tetap perhatikan asupan air dalam tubuh Anda. Cukupnya konsumsi air, terlebih air putih akan membuat usus tetap berkontraksi dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

2. Mengonsumsi serat yang berasal dari sayur dan buah adalah hal yang mutlak. Variasikan asupan keduanya sehingga tidak menimbulkan kebosanan. Untuk sayur, Anda bisa mengonsumsi beragam jenis sayuran hijau. Jenis sayuran tersebut terbukti memiliki serat dengan kandungan yang melimpah. Sedangkan untuk buah, konsumsi papaya, pisang, semangka, apel, belimbing, pir, jambu biji dan lainnya.

3. Memakan puding juga bisa menjadi solusi yang menyenangkan. Saat berbuka, konsumsi agar-agar akan membuat pencernaan Anda kembali normal. Puding merupakan gel yang diolah dari tumput laut. Agar-agar sebenarnya adalah karbohidrat dengan berat molekul tinggi yang mengisi dinding sel rumput laut. Ia tergolong kelompok pektin dan merupakan suatu polimer yang tersusun dari monomer galaktosa. Banyak penelitian yang menyebutkan puding atau agar-agar menjadi sumber serat yang baik bagi pencernaan.

4. Kurma juga dikenal sebagai obat pencahar yang alami. Untuk itu tidak ada salahnya mengonsumsi kurma saat santap sahur ataupun berbuka. Serat yang terdapat dalam buah khas Ramadhan ini baik untuk mengatasi sembelit. Tekstur serat pada kurma cukup halus, aman untuk lambung sensitif atau radang usus.

0 komentar:

Posting Komentar