Senin, 23 Juli 2012

Ibu Hamil Boleh Berpuasa


Meskipun tidak bisa menggenaralisasi semua ibu hamil, secara umum dokter membolehkan ibu hamil berpuasa Ramadan.

"Tapi lihat dulu kondisinya. Tiap orang kan berbeda. Kalau kehamilannya dinyatakan sehat tidak bermasalah, boleh berpuasa,” ujar Dr.Ivan Sini, SpOG, ketika dihubungi, Ahad (22/7).

Hal umum yang harus diperhatikan ibu hamil yang berpuasa adalah pemenuhan nutrisi, terutama kalori dan cairan per hari. Seorang perempuan hamil membutuhkan 1.800-2.500 kilokalori dan 2 hingga 2,5 liter cairan per hari. Kebutuhan itu harus dipenuhi dari asupan yang dikonsumsi pada saat malam hingga subuh.

Kondisi tidak baik pada ibu hamil seperti dehidrasi berat, biasanya terjadi pada trimester pertama. Biasanya ibu hamil sering muntah-muntah. Hal itu perlu dikecualikan dalam berpuasa.

”Dan pada kondisi lainnya di mana kebutuhan cairan dan kalori tidak bisa dikompensasikan dalam satu hari di luar berpuasa, termasuk ibu hamil yang berpenyakit berat. Setahu saya dalam agama pun itu sudah termasuk rukhshoh,” katanya.

Dr Ivan mengatakan, kebutuhan nutrisi pada ibu hamil juga bergantung pada usia kandungan. Pada trimester akhir usia kehamilan, kebutuhan akan zat besi dan protein harus benar-benar tercukupi. Pasalnya, kekurangan dua komponen ini akan menghambat pertumbuhan janin.

Seperti umum diketahui, protein memang komponen utama untuk pertumbuhan yang berakibat langsung pada janin. Sedangkan zat besi penting untuk pembentukan sel darah sang ibu. Seorang ibu hamil yang kekurangan zat besi akan mengalami penurunan kadar hemoglobin.

Hal itu menyebabkan kemampuan sang ibu untuk mengikat oksigen menjadi rendah. ”Akibatnya, oksigenasi pada janin ikut rendah dan bisa menyebabkan terhambatnya pertumbuhan janin,” papar Dr Ivan.

Akibat kekurangan zat besi di trimester terakhir pada ibu hamil akan berbuntut panjang. Hal itu ternyata juga menyebabkan kontraksi pada saat bersalin kurang kuat, sehingga mempertinggi potensi pendarahan.

Dr Ivan menyarankan ibu hamil banyak mengonsumsi daging merah sebagai sumber zat besi. Bila masih merasa tidak tercukupi dan kondisi tubuh lemah, suplemen baik dikonsumsi untuk melengkapi nutrisi.

0 komentar:

Posting Komentar