Senin, 02 Juli 2012

Kopi dan Teh Beras Merah


BERAS merah tidak hanya bisa dinikmati sebagai bahan utama makanan. Hasil pertanian ini bisa diolah menjadi minuman. Itulah yang dilakukan Grace M. Tarjoto di Desa Jatiluwih, Kabupaten Tabanan, Bali. Ia mengolah beras merah menjadi teh dan kopi.

"Ide membuat teh dan kopi dari beras merah itu muncul karena banyak beras merah yang hancur dan tidak utuh dibuang percuma," kata insinyur kimia ini di Denpasar, Bali, Kamis (28/6).

Proses pembuatan teh dan kopi dari beras merah ini cukup sederhana. Beras merah yang tidak utuh dan hancur dikumpulkan untuk kemudian dibersihkan. Beras merah lalu disanggrai hingga timbul aroma dan diaduk selama sekitar lima menit.

Setelah itu diangkat dan didinginkan untuk selanjutnya dikemas ke dalam plastik. Beras merah yang sudah disanggrai pun bisa langsung disaring untuk mendapatkan teh. Untuk pembuatan kopi juga menjalani proses serupa. Hanya saja, ditambahkan lima persen kopi arabika sebagai penambah aroma wangi.

Teh dan kopi dari beras merah ternyata diminati tidak hanya masyarakat lokal, tetapi juga wisatawan asing yang berkunjung ke kawasan sawah Jatiluwih. Mereka sebagian berasal dari Australia, Filipina, Amerika Serikat dan negara asing lainnya.

"Rasanya manis dengan aroma beras merah yang kental," kata Deasy, peminat teh beras merah.

Sumber : Metro TV

0 komentar:

Posting Komentar